Masjid Al Hidayah Kp. Wih Terjun, Kec. Pegasing Kab. Aceh Tengah

Masjid Jami' Al Hidyah

Masjid Jami' Al Hidayah

Full Vedio

Klik disini

Wih Terjun merupakan  kampung yang berada di kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Kampung wih terjun lahir dari pemekaran desa wih ilang pada tahun 2003. Nama Wih Terjun di ambil karena ada sebuah air terjun yang terletak di tengah hutan dusun Burbiulet.   Reje pertama sejak berdirinya kampung ini adalah bapak Kasiat. 

Wih terjun di ketinggian 1200 dpl memiliki keindahan alam dan suasana yang sangat dingin. Desa ini berbatasan dengan desa Wih Ilang, Merah Mege, Pantan Musara dan Kute Robel. Berbagai suku hidup berdampingan di kampung ini  seperti Gayo, Jawa, Aceh , Melayu dan suku lainnya. Mata pencaharian utama di kampung ini adalah petani. Penduduknya semua beragama muslim, yang selalu melaksanakan ibadah di sebuah Masjid bernama Al Hidayah.

Masjid Al Hidayah adalah salah satu masjid yang pada dasarnya berawal dari meunasah Wih Terjun, yang kemudian setelah pemekaran berganti menjadi masjid wih terjun yang diberi nama al Hidayah. Menurut para pendiri dan tokoh masyararakat Wih Terjun, mesjid alhidayah dibuat dengan harapan masyarakat mendapat hidayah dan kampung wih terjun menjadi kampung yang baldatun thaiyibatun warabbun gafur. Luas Masjid ini 16 X 16, lokasi yang sangat strategis di samping jalan raya, Fasilitas masjid: 2 kamar mandi, laki-laki dan perempuan dengan lokasi dibawah Masjid. Aula tempat kegiatan belajar, dan fasilitas ibadah laiinya. Masjid bersih dan nyaman. jarak dari pusat kota ke Wih terjunn Sekitar 25 KM, sedang jarak dari KUA Pegasing 19 KM.

Kegiatan masjid Al Hidayah antara lain, melaksanakan ibadah shalat berjamaah, kegiatan pengajian setiap malam jum'at, dan kegiatan PHBI.

Bagi kaum muslimin dan muslimat yang berpergian ke daerah Atu Lintang, Jagong dan Linge dapat singgah untuk beribadah di masjid Al Hidayah.

Anwar, M. Pd

Kurnia, S. Pd. Imam 

Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelaksana (Khatib dan Imam)Hari Raya Idul Fitri 1445 H seluruh Kec. Pegasing.

DO'A DAN SYARAT PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

PEMBINAAN PAIH KEMENAG ACEH TENGAH