DO'A DAN SYARAT PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

 DO'A DAN SYARAT

PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN
BUPATI ACEH TENGAH

Dalam penyembelihan hewan qurban haruslah sesuai dengan syariat. Apabila tidak sesuai dengan syariat tentu hewan yang disembelih bisa berubah menjadi Haram. Oleh karena itu, dalam penyembelihan hewan qurban harsulah sesuai dengan syariat. Allah SWT Berirman:

{ وَلِكُلِّ أُمَّةࣲ جَعَلۡنَا مَنسَكࣰا لِّیَذۡكُرُوا۟ ٱسۡمَ ٱللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّنۢ بَهِیمَةِ ٱلۡأَنۡعَـٰمِۗ فَإِلَـٰهُكُمۡ إِلَـٰهࣱ وَ ٰ⁠حِدࣱ فَلَهُۥۤ أَسۡلِمُوا۟ۗ وَبَشِّرِ ٱلۡمُخۡبِتِینَ }

[Surat Al-Hajj: 34]

Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, Maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).

Sebagai kegaiatan Tatalaksana penyemebelihan hewan qurban haruslah memperhatikan hal-hal sebagai berikut, pertama niat, kedua Memebaca Basmalah, ketiga Membaca Shalawat, keempat membaca takbir, kelima membaca doa.

Sebelum pelaksanaan hewan kurban harsulah memperhatikan adab tentang pelaksanaan penyembelihan dan juga kebersihannya. Seperti, Pisau yang tajam dan tempat yang suci dan bersih. Supaya hewan kurban mendapatkan kehalalan lagi baik.

Nah untuk pelaksanaan penyembelihan. Hal yang harus di perhatikan adalah:

1.      Niat Kurban Karena Allah

Sebelum menyembelih hewan kurban, niatkan dalam hati untuk melaksanakan kurban karena Allah SWT semata. Niat ini sangat penting untuk menjadikan ibadah ini murni karena Allah dan mengharapkan ridha-Nya.

نويت أن أاضحي للهِ تَعَالى

“Saya niat berkurban karena Allah Ta’ala.”

2.      Membaca bismillâhir rahmânir rahîm 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang

3.      Baca shalawat untuk Rasulullah saw.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad saw dan keluarganya.

4.      Menghadap ke arah kiblat (bagi hewan yang disembelih dan orang yang menyembelih)

5.      Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali 

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.

6.      Baca doa menyembelih 

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

 Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku. 

7.      Doa menyembelih hewan kurban untuk tujuh orang

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِن… يَا كَرِيْمُ

“Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini kami bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada-Mu. Karenanya Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub kami.”

Doa tersebut dipanjatkan oleh pekurbannya. Jika penyembelih membacakan untuk orang lain yang berkurban, maka kata minni diganti dengan menyebut nama pekurbannya, misalnya min Anwar.

Adapun rukun dalam penyembelihan kurban ada empat, yaitu dzabhu (pekerjaan menyembelih), dzabih (orang yang menyembelih), hewan yang disembelih, dan alat menyembelih. 

Syarat dalam menyembelih adalah memotong hulqum (jalan nafas) dan mari’ (jalan makanan). Hal ini apabila hewannya maqdur (mampu disembelih dan dikendalikan).

            Sedangkan syarat orang yang menyembelih adalah orang Islam atau orang yang halal dinikahi orang Islam, bila hewannya ghairu maqdur, maka disyaratkan orang yang menyembelih adalah orang yang bisa melihat. Dimakruhkan sembelihannya orang yang buta, anak yang belum tamyiz dan orang yang mabuk. 

            Syarat hewan yang disembelih yaitu hewannya termasuk hewan yang halal dimakan dan masih memiliki hayatun mustaqirrah (kehidupan yang masih tetap), bukan gerakan di ambang kematian kematian. Syarat alat penyembelih yaitu berupa sesuatu yang tajam yang bisa melukai, selain tulang belulang. 

            Demikian doa, rukun, dan syarat yang dianjurkan dalam rangkaian penyembelihan hewan kurban. Dengan mengikuti tata cara dan membaca doa yang benar saat menyembelih hewan kurban, kita tidak hanya memenuhi kewajiban agama tetapi juga menunjukkan ketaatan dan keikhlasan kepada Allah swt. Semoga ibadah kurban kita diterima dan mendapat berkah dari-Nya.


Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelaksana (Khatib dan Imam)Hari Raya Idul Fitri 1445 H seluruh Kec. Pegasing.

PEMBINAAN PAIH KEMENAG ACEH TENGAH