Do'a Supaya Mati Dalam Keadaan Jiwa yang Tenang

Doa Supaya Meninggal dalam Keadaan
Jiwa Yang Tenang

 «قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطَمْئِنَةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ»

Katakanlah, "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau jiwa yang hanya tenang kepada Engkau, beriman kepada hari bersua dengan Engkau, dan rida dengan keputusan Engkau dan menerima dengan tulus pemberian Engkau.

Do'a di atas penulis ambil Tafsir Ibnu Katsir Qs Al Fajar. Didalam ayat 27-28. Dalam ayat ini Allah swt, menjelaskan perihal kematian yang penuh dengan kasih sayang Allah. Dimana sesorang meninggal dunia dalam Keadaan Jiwa yang tenang. Dalam sebuah kisah, disebutkan bahwa seorang yang bernama Ibnu Abbas. Ketika beliau meninggal dunia. Maka ada satu makhluk yang datang. Lalu kemudian mengatakan wahai jiwa yang tenang kembalilah kepada tuhanmu dengan keredaannya. Melalui Tafsir Ibnu Katsir kisah ini di uraikan sebabgi berikut

Dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya: Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridai -Nya. (Al-Fajr: 27-28)
Bahwa ayat ini diturunkan ketika Abu Bakar r.a. sedang duduk dihadapan Nabi Saw., lalu ia berkata, "Wahai Rasulullah, alangkah baiknya hal ini." Maka Rasulullah Saw. menjawab:
«أَمَا إِنَّهُ سَيُقَالُ لَكَ هَذَا»
Ingatlah, sesungguhnya hal itu akan dikatakan kepadamu.
Kemudian Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Sa'id Al-Asyaj, telah menceritakan kepada kami Ibnu Yaman, dari Asy'as., dari Sa'id ibnu Jubair yang mengatakan bahwa ia membaca firman Allah Swt. berikut ini di hadapan nabi Saw.: Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmn dengan hati yang puas lagi diridai-Nya. (Al-Fajr: 27-28) Maka Abu Bakar r.a. berkata, bahwa sesungguhnya hal itu benar-benar baik. Maka nabi Saw. bersabda kepadanya:
«أَمَا إِنَّ الْمَلَكَ سَيَقُولُ لَكَ هَذَا عِنْدَ الْمَوْتِ»
Ingatlah sesungguhnya malaikat akan mengatakan hal itu kepadamu di saat (engkau) meninggal
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh ibnu Jarir dari Abu Kuraib, dari ibnu Yaman dengan sanad yang sama. Dan hadis ini bepredikat mursal lagi hasan.
Kemudian Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan pula kepada kami Al-Hasan ibnu Arafah, telah menceritakan kepada kami Marwan ibnu Syuja' Al-Jazari, dari Salim Al-Aftas, dari Sa'id ibnu Jubair yang mengatakan bahwa:

Kisah Ibnu Abbas

ketika Ibnu Abbas meninggal dunia di Taif, datanglah suatu makhluk yang terbang yang tidak pernah terlihat sebelumnya berbentuk seperti Ibnu Abbas . Lalu makhluk yang terbang itu masuk ke dalam katilnya dan tidak pernah kelihatan lagi keluar dari padanya. Dan ketika jenazah Ibnu Abbas diletakkan di dalam liang lahatnya, maka terdengarlah ada yang membaca ayat berikut di pinggir kuburnya tanpa ada yang mengetahui siapa yang membacanya, yaitu firman-Nya: Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridai-NyaMaka masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba-Kii, dan masuklah ke dalam surga-Ku. (Al-Fajr: 27-30)
---------------------------------------------------------------
Berizin, share ke teman kita l, mari nebar kebaikan

Anwar Razu





Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelaksana (Khatib dan Imam)Hari Raya Idul Fitri 1445 H seluruh Kec. Pegasing.

DO'A DAN SYARAT PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

PEMBINAAN PAIH KEMENAG ACEH TENGAH